Selasa, 07 November 2017

TAWARAN BANTUAN DANA KEGIATAN PENDIDIKAN DARI THE JAPAN WORLD EXPOSITION 1970 COMMEMORATIVE FUND

| Selasa, 07 November 2017
TAWARAN BANTUAN DANA KEGIATAN PENDIDIKAN DARI THE JAPAN WORLD EXPOSITION 1970 COMMEMORATIVE FUND UNTUK INDONESIA

Ada banyak bentuk bantuan pendanaan yang diberikan pemerintah asing bagi organisasi-organisasi di Indonesia. Salah satu yang telah memberikan bantuan adalah The Japan World Exposition 1970 Commemorative Fund, yang memberikan bantuan dana bagi penyelenggaraan kegiatan yang mempromosikan interaksi masyarakat dengan Jepang dalam aspek budaya, olahraga, atau pendidikan. 


The Japan World Exposition 1970 Commemorative Fund dibentuk ketika diselenggarakan World Expo 1970 di Osaka, dengan tujuan memberikan bantuan berbagai kegiatan yang diselenggarakan organisasi lokal maupun internasional yang memiliki muatan untuk meningkatkan persahabatan dengan Jepang atau penyelenggaraan kegiatan kebudayaan. 

Selama 48 tahun keberadaan Commemorative Fund tersebut, telah diberikan bantuan kepada 113 negara dalam penyelenggaraan  1054 kegiatan yang bernilai 69 miliar Yen. Indonesia merupakan salah satu negara yang juga memanfaatkan pemberian bantuan tersebut sejak tahun 1973, namun aplikasi permohonan bantuan dari Indonesia terakhir diterima tahun 1997. Dalam kurun waktu tersebut diberikan bantuan dana kepada Indonesia total senilai 47 juta Yen untuk 8 kegiatan. Japan World Exposition Commemorative Fund mendorong kiranya Indonesia dapat melanjutkan memanfaatkan tawaran bantuan yang diberikan.

Pada tanggal 14 Agustus 2017 KJRI Osaka menerima kunjungan Akinori Kimura, Department Manager The Japan World Exposition 1970 Commemorative Fund, Kansai Osaka 21st Century Association, beserta staf.  Dalam kunjungan tersebut, mereka menyampaikan tawaran penggunaan bantuan The Japan World Exposition 1970 Commemorative Fund serta mendorong Indonesia agar kembali memanfaatkan bantuan tersebut. 

Sebelumnya, beberapa organisasi di Indonesia telah memanfaatkan bantuan tersebut, antara lain Universitas Kristen Satyawacana, Universitas Darma Persada dan SMAN 2 Surabaya. 

Aplikasi untuk mendapatkan bantuan tersebut diberikan setiap tahun anggaran Pemerintah Jepang yaitu April tahun berjalan hingga Maret tahun berikutnya. Saat ini telah dibuka aplikasi untuk tahun anggaran 2018. Beberapa poin penting dalam tawaran pemanfaatan The Japan World Exposition 1970 Commemorative Fund adalah:

·          Bantuan diberikan kepada organisasi resmi yang menyelenggarakan kegiatan yang mengandung aspek pertukaran budaya, musik, olahraga dan pendidikan, termasuk di dalamnya misalnya pembelian peralatan audio visual dan buku-buku pembelajaran Bahasa Jepang, hadir dalam konferensi internasional yang memiliki aspek peningkatan saling pemahaman internasional, saling kunjung dan pertukaran budaya antar-pelajar dan universitas.

·          Bantuan diberikan untuk kegiatan yang terkait dengan peningkatan hubungan persahabatan dengan Jepang

Untuk Indonesia dapat diberikan bantuan hingga 90% dari total aplikasi bantuan yang diajukan, dengan nilai maksimal ¥3.000.000.
Apabila aplikasi disetujui, pemberian bantuan dilunasi oleh The Japan World Exposition  1970 Commemorative Fund setelah kegiatan dilaksanakan (sistem reimburse berdasarkan kuitansi biaya aktual yang dikeluarkan)

Periode penerimaan aplikasi adalah awal Agustus hingga awal Oktober setiap tahunnya. 

Untuk keterangan lebih lanjut serta panduan pengajuan aplikasi  The Japan World Exposition  1970 Commemorative Fund dapat diunduh pada tautan berikut: https://www.osaka21.or.jp/jecfund/en/contents/001_appro/index.html




Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar